HOME

Page

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Latar Belakang

Teknik perancangan sistem kerja adalah disiplin ilmu yang terdiri dari teknik dan prinsip-prinsip untuk mendapatkan rancangan terbaik dari suatu sistem kerja. Sedangkan ergonomi merupakan ilmu, seni, dan penerapan teknologi. Bertujuan untuk menyelaraskan atau menyeimbangkanara segala fasilitas yang digunakan, baik saat beraktivitas maupun beristirahat, dengan kemampuan dan keterbatasan manusia. Keterbatasan tersebut meliputi fisik maupun mental, sehingga kualitas hidup secara keseluruhan menjadi lebih baik. Ergonomi memfokuskan bidang kajiannya pada manusia beserta interaksinya dengan produk, peralatan fasilitas, prosedur dan lingkungan yang digunakan dalam bekerja. Inti dari kajian ergonomi adalah prinsip bahwa pekerjaanlah yang harus disesuaikan dengan kemampuan serta keterbatasan manusia, dan bukan sebaliknya (fitting the job to the man). Tujuan ergonomi yaitu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari pekerjaan dan evektivitas yang dilakukan oleh manusia, mengurangi kelelahan (fatique) dan tekanan (stress), meningkatkan kenyamanan, serta meningkatkan kualitas hidup. Untuk itu maka Laboratorium Teknik Industri Menengah berperan dan diharapkan menjadi salah satu “Center of Excelent” Laboratorium Teknik Industri, dan sebagai “Learning Resource Center”, untuk terus melakukan pengembangan dan penelitian ilmu pengetahuan, khususnya di bidang ergonomi.

Tujuan

Membekali peserta dengan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah perancangan sistem kerja & ergonomi, serta menjadikan Laboratorium Teknik Industri Menengah sebagai sarana serta prasarana untuk kegiatan PENELITIAN dan RISET, bagi mahasiswa dan dosen dalam mengembangkan keilmuannya.

Peserta

Mahasiswa, dosen, dan organisasi yang menaruh minat, serta memiliki tanggung jawab dalam bidang Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi.

Materi

Peta-Peta Kerja, Antropometri, MTM, Pengukuran Kinerja Operator, Work Sampling, Pengukuran Kinerja Fisiologi, Penginderaan Dan Informasi, Biomekanika, Perancangan Lingkungan Fisik Kerja.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia untuk mendukung kegiatan, antara lain:

1. Handycam, Tripod.

2.  Video flex, DVD, Infocus.

3. Climatic Chamber (R. Iklim Panas dan Dingin).

4.  Kursi Antropometri (Duduk dan Berdiri).

5.  Dorsal Electric Dynamometer.

6.  Sound Level Meter, Lux Meter.

7.  Stopwatch, PH-meter, Glucometer.

8.  Sepeda Statis, Treadmill.

9.  Torso, Model Rangka Manusia.

10. Meja Kursi MTM.

11. EMG (Electromyography).

12. Pedometer, Thermometer.

13. Display Huruf, Suara dan warna.

14. Software : Manikin in Catia, Ergoweb

Tempat Pelaksanaan

Laboratorium Teknik Industri Menengah, Kampus E: Jalan Akses UI Kelapa Dua Cimanggis, Gedung 4 Lantai 1. Ruangan (E413).

Pelaksana Kegiatan

Laboratorium Teknik Industri Menengah, di bawah tanggung jawab Kepala Laboratorium dan seluruh asisten.

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s